Tiga Kali Gelar Perkara, KPK belum Jerat Tersangka Sumber Waras

Tiga Kali Gelar Perkara, KPK belum Jerat Tersangka Sumber Waras

Gedung KPK

Jakarta – Meski hasil audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menemukan dugaan kerugian negara, namun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum menindak kasus dugaan korupsi pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras, Jakarta Barat.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengaku, pihaknya sudah tiga kali melakukan gelar perkara terkait dugaan korupsi tersebut. Namun, hingga saat ini kasus Sumber Waras belum juga naik penyidikan dan menetapkan tersangka.

“Gelar ini bukan satu kali. Tiga kali yang saya ingat, termasuk sehari sebelum RDP (beberapa waktu lalu),” ungkap Laode, dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (12/9).

Ia menerangkan,  kasus ini berawal dari temuan BPK DKI Jakarta. Temuan itu disampaikan kepada pimpinan KPK periode sebelumnya. Lalu, pimpinan KPK sebelumnya meminta BPK pusat melakukan audit investigatif guna menghitung indikasi kerugian negara.

“Dari audit investigasi itu terus BPK mengeluarkan nilai indikasi kerugian negara. Setelah ada indikasi,  biasanya KPK lakukan upaya penyelidikan,” terangnya.

Kata Laode, memang banyak tokoh masyarakat termasuk salah satu ormas datang ke KPK mendesak agar kasus ini ditindaklanjuti. Mereka juga menyodorkan hasil audit investigatif BPK yang menemukan indikasi kerugian negara.

Namun, Laode menegaskan, dalam gelar perkara itu penyidik dan penuntut umum menyatakan tidak yakin ada pelanggaran hukum dalam kasus itu dengan berbagai alasan.

“Salah satunya adalah perbuatan melawan hukum dari kasus ini belum terlalu kelihatan. Tim penyidik dan penuntut meminta tim penyelidi  melakukan pengembangan,” jelasnya.

Dia mengatakan,  KPK juga mempertimbangkan belum adanya niat jahat untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain dalam kasus itu. “Setelah kami lihat, belum meyakinkan penyidik dan penuntut umum,” tegasnya.

Namun, Laode berjanji, jika menemukan ada bukti tambahan yang mendukung, maka KPK akan menaikkan kasus ke tingkat penyidikan dan menetapkan tersangka.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mempertanyakan KPK terkait penanganan kasus Sumber Waras yang hingga saat ini belum ada perkembangan. Padahal, BPK telah menemukan adanya kerugian negara.

“BPK sudah menemukan ada kerugian negara, bagaimana dengan perkembangan kasus Sumber Waras. Kalau ada, lanjutkan dong,” tegas politikus Golkar itu.

TAGS : KPK Kasus Sumber Waras DPR

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21640/Tiga-Kali-Gelar-Perkara-KPK-belum-Jerat-Tersangka-Sumber-Waras/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz