Ancam AS, Korut Janjikan Pembalasan yang Lebih Kejam

Ancam AS, Korut Janjikan Pembalasan yang Lebih Kejam

Foto ini dirilis pada 23 Agustus 2017 oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara Korea Utara, saat pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi Institut Bahan Kimia Akademi Ilmu Pertahanan (Foto: Yonhap)

Seoul – Pemerintah Korea Utara mengecam resolusi sanksi baru Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Ia mengatakan, Amerika Serikat akan merasakan rasa sakit yang perih lantaran memimpin aksi tersebut.

Sebelumnya, Duta Besar Korea Utara, Geneva Han Tae-song mengecam kebijakan tersbut dan dengan tegas menolak resolusi Dewan Keamanan PBB yang ilegal dan melanggar hukum.

Pyongyang menuding Amerika Serikat mengajukan resolusi sanksi paling keras dengan memanipulasi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terkait uji coba bom hidrogen yang dapat dipasang di rudal antar benua (ICBM) Korut.

Menanggapi sanksi dari PPB, Korut megatakan, keputusan yang akan ditempuh DPRK akan membuat Paman Sam menderita lebih kejam sepanjang sejarahnya.

Pada Senin (11/9) sore waktu setempat, UNSC dengan suara bulat menjatuhkan sanksi baru terhadap Pyongyang menyusul uji coba nuklir keenam dan paling kuat Korea Utara pada 3 September.

Sanksi tersebut termasuk membekukan impor minyak mentah Korea Utara pada tingkat saat ini sebesar 4 juta barel per tahun dan pembatasan impor produk minyak sulingan sebesar 2 juta barel per tahun, atau sekitar setengah dari tingkat saat ini.

Dikabarkan Yonhap, kebijakan ini merupakan kali pertamanya ditempuh Dewan Keamanan yang melibatkan minyak dalam sanksi terhadap rezim tersebut. 

Sebelum draf tersebut dirilis PBB, Amerika Serikat mendorong embargo minyak, namun China dan Rusia, dua dari lima anggota dewan yang memegang hak veto, dilaporkan menolak keras tindakan apapun yang dapat mengganggu kestabilan negara miskin tersebut.

Resolusi 2375 juga mencakup larangan ekspor tekstil Korea Utara, sumber pendapatan utama bagi rezim tersebut, dan pembatasan penggunaan pekerja Korea Utara di luar negeri. Selain itu, juga melarang impor gas cair dan kondensat Korea Utara

TAGS : Korea Utara Amerika Serikat PBB

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/21659/Ancam-AS-Korut-Janjikan-Pembalasan-yang-Lebih-Kejam/

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz